Sholat Sunnah; Sholat Gaib
”Ghaib” artinya tidak ada. Shalat Ghaib adalah shalat jenazah yang
dilakukan seseorang ketika jasad si mayit sudah dimakamkan, atau shalat yang
dilakukan dari jarak yang jauh dari si mayit.
Shalat Ghaib ini termasuk shalat yang unik. Pada Muktamar ke-11 NU
di Banjarmasin tahun 1936, telah diambil keputusan lewat pendapat Imam Ibnu
Hajar yang menyatakan: “Tak perlu Shalat Ghaib bagi seorang yang meniggal di
dalam satu negeri”. Sementara fakta yang berlaku di masyarakat NU, biasanya
pada hari Jum'at sebelum khotbah ada pengumuman untuk mengerjakannya secara
bersama-sama; seorang imam berdiri dan diikuti jama'ah untuk mengerjakan Shalat
Ghaib.
Dua kubu yang kami sebutkan tadi tampil dengan argumen
masing-masing. Bagi kubu yang tidak perlu Shalat Ghaib (Keputusan Muktamar ke
11) dalilnya adalah:
“Bahwa tak sah shalat jenasah atas mayit yang ghaib yang tidak
berada di tempal seorang yang hendak menyalatinya, sementara ia berada di
negeri (daerah) di mana mayit itu berada walaupun negeri tersebut luas karena
dimungkinkan untuk bisa mendatanginya. Para ulama menyamakannya dengan qadha
atas seorang yang berada di suatu negeri sementara ia bisa menghadirinya. Yang
menjadi pedoman adalah ada tidaknya kesulitan untuk mendatangi tempat si mayit.
Jika sekiranya sulit untuk mendatanginya walaupun berada di negerinya, misalnya
karena sudah tua atau sebab lain maka shalat ghaibnya sah. Sedangkan jika tidak
ada kesulitan maka shalatnya tidak sah walau berada di luar batas negeri yang
bersangkutan.” (dalam kitab I’anatut Thalibin)
Dalil kedua: Keterangan yang ada di dalam kitab Tuhfah dapat
dijadikan pedoman bahwa seseorang tidak boleh melakukan shalat ghaib atas mayit
yang meninggal dalam satu negeri, sedang ia tidak hadir karena sakit atau
ditahan.
Sedangkan dari kubu yang membolehkan dilakukan shalat ghaib
dalilnya adalah, pertama, shalat ghaib boleh diselenggarakan karena lain
negara. Rasulullah pernah menyalati seorang muslim Najasyi yang meninggal
sewaktu berada di Madinah (HR Bukhari dan Muslim).
Jika seorang menyalati jenasah di hari meninggalnya setelah
dimandikan, hukumnya adalah sah, sebagaimana pendapat Imam Ar-Rayani. Juga
menyalati jenasah yang telah dimakamkan, hukumnya juga sah karena Rasulullah
pernah menyalati jenasah yang sudah dikubur (HR Bukhari dan Muslim dan Imam
Darul-Quthni). (Lihat dalam kitab Kifayatul Ahyar I hlm 103-104)
Dalil kedua: Jelas tertera dalam kitab Shahih Bukhari dan Muslim:
Ada seorang Najasi meninggal Rasulullah segera memberi tahu para sahabatnya, sabdanya:
“Saudara kita di negeri Habasyah telah meninggal shalatlah kalian untuknya”.
Mereka pun keluar menuju lapangan, membuat barisan, dan mengerjakan shalat
untuknya. (Tafsir Ibnu Katsir I hlm. 443)
Dalil ketiga: “Boleh menyalati beberapa jenasah dengan sekali
shalat dan niat untuk semua secara global”. Disebutkan juga boleh dengan
niat ''ijmal'' artinya seperti dalam kalimat saya niat shalat untuk para
jenazah muslim... atau, berniat shalat seperti sang imam menyalati saja. (dalam
kitab Fathul Mu’in, juga I’anatut Thalibin II, 132-135).
Dalil keempat: “Batasan ''ghaib'' adalah bila seseorang berada di
sebuah tempat di mana panggilan adzan sudah tak terdengar. Di dalam kitab
Tuhfah disebutkan: Jika sudah di luar jangkauan pertolongan”. (Bughyatul
Musytarsyidin, hlm 95)
Dalil Kelima, Keputusan bahtsul masail Syuriah NU se-Jateng 1984.
Ketentuan jarak untuk Shalat Ghaib ada tiga versi: (1) Jarak 44 meter, (2)
Jarak 1666 meter (1 mil), (3) Jarak 2000 - 3000 meter.
·
Rukun Pertama Niat :
·
Niat untuk shalat Ghaib:
اُصَلِى عَلىَ
المَيِّتِ/المَيِّتَةِ (فُلاَنٍ/فُلاَنَةٍ) اْلغَائِبِ/الْغَائِبَةِ اَرْبَعَ
تَكْبِيْرَاتٍ فَرْضَ اْلِكفَايَةِ للهِ تعالى
Seperti yang
diketahui shalat Jenazah atau Ghaib memiliki empat takbir. Dalam setiap selesai
membaca empat takbir itu, ada doa yang harus dibaca.
1. Pada
takbir pertama membaca surat al-Fatihah:
2. Pada
takbir kedua membaca doa shalawat:
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى
سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى
سَيِّدِناَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلَى
سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى
سَيِّدِناَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ إِبْرَاهِيْمَ في العَالَمِيْنَ
إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ
3. Pada
takbir ketiga membaca doa sebagai berikut:
a. Bagi
mayit laki-laki:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ
وَارْحَمهُ وعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ
وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَ الثَّلْجِ وَ الْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الخَطَايَا
كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اَللَّهُمَّ أَبْدِلْهُ
دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَ جَارًا خَيْرًا مِنْ جَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْراً
مِنْ زَوْجِهِ، وأَهْلًا خَيْراً مِنْ أَهْلِهِ، وَ أَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَ
أَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ ومِنْ عَذَابِ النَّارِ
b. Bagi
mayit perempuan:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهاَ
وارْحَمهاَ وعَافِهاَ وَاعْفُ عَنْهاَ وأَكْرِمْ نُزُلَهاَ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهاَ
وَاغْسِلْهاَ بِالْمَاءِ وَ الثَّلْجِ وَ الْبَرَدِ ونَقِّهاَ مِنَ الخَطَايَا
كَمَا يُنَقَّي الثَوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اَللَّهُمَّ أَبْدِلْهاَ
دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهاَ وَ جَارًا خَيْرًا مِنْ جَارِهَا وَزَوْجًا خَيْراً
مِنْ زَوْجِهاَ وأَهْلًا خَيْراً مِنْ أهلِهاَ وَ أَدْخِلْهَا الْجَنَّةَ وَ
أَعِذْهَا مِنْ عَذَابِ القَبْرِ ومِنْ عَذَابِ النَّارِ
c. Bagi
mayit banyak:
اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ
وارْحَمْهُمْ وعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ وأَكْرِمْ نُزُلَهُمْ وَوَسِّعْ
مَدْخَلَهُمْ وَاغْسِلْهُمْ بِالْمَاءِ وَ الثَّلْجِ وَ الْبَرَدِ ونَقِّهِمْ مِنَ
الخَطَايَا كَمَا يُنَقَّي الثَوْبًُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ. اَللَّهُمَّ
أَبْدِلْهُمْ دِيَارًا خَيْرًا مِنْ دِيَارِهِمْ وَ جِيْرَانًا خَيْرًا مِنْ
جِيْرَانِهِمْ وَأَزْوَاجاً خَيْراً مِنْ أَزْوَاجِهِمْ وأَهْلًا خَيْراً مِنْ
أَهْلِهِمْ وَ أَدْخِلْهُمُ الْجَنَّةَ وَ أَعِذْهُمْ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ ومِنْ
عَذَابِ النَّارِ
d. Bagi
mayit anak-anak belum baligh:
اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ (هَا)
فَرَطًا لِأَبَوَيْهِ (هَا) وَ سَلَفًا وَ ذُخْرًا وَ عِظَةً وَ اعْتِبَارًا وَ
شَفِيْعًا وَ ثَقِّلْ بِهِ (هَا) مَوَازِيْنَهُمَا وَ أَفْرِغِ الصَّبْرَ عَلَى
قُلُوْبِهِمَا وَ لَا تَفْتِنْهُمَا بَعْدَهُ (هَا) وَ لَا تَحْرِمْهُمَا أَجْرَهُ
(هَا)
4. Setelah
takbir keempat membaca doa sebagai berikut:
a. Bagi
mayit laki-laki:
اللَّهُمَّ لاَتَحرِمْنَا
أَجْرَهُ ولاَتَفْتِنّاَ بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَناَ وَ لَهُ
b. Bagi
mayit perempuan:
اللَّهُمَّ لاَتَحرِمْنَا
أَجْرَهاَ ولاَتَفْتِنّاَ بَعْدَهاَ وَاغْفِرْ لَناَ وَ لَهاَ
c. Bagi mayit
banyak:
اللَّهُمَّ لاَتَحرِمْنَا
أَجْرَهُمْ ولاَتَفْتِنّاَ بَعْدَهُمْ وَاغْفِرْ لَناَ وَ لَهُمْ
·
Do’a Shalat Jenazah dan Shalat Ghaib
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ
الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمن
الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ. حَمْدًا شَاكِرِيْنَ حَمْدًا
نَاعِمِيْنَ، حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا
لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ.
اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ
عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِيْنَ. وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى
سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ. وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِناَ
مُحَمَّدٍ فِى كُلِّ وَقْتٍ وَحِيْنٍ. وَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِناَ
مُحَمَّدٍ فِى اْلمَلَإِ اْلأَعْلَى إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ
اَللَّهُمَّ اجْعَلْ
وَأَوْصِلْ ثَوَابَ مَا قَرَأْنَاهُ مِنَ اْلقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَمَا
هَلَّلْنَاهُ مِنْ قَوْلِ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَ مَا سَبَّحْنَاهُ مِنْ قَوْلِ
سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ وَمَا صَلَّيْنَاهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِى هذَا اْلمَجْلِسِ اْلمُبَارَكِ هَدِيَّةً
وَاصِلَةً وَرَحْمَةً نَازِلَةً وَبَرَكَةً شَامِلَةً وَصَدَقَةً مُتَقَبَّلَةً
إِلَى حَضْرَةِ سَيِّدِنَا وَحَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَقُرَّةِ أَعْيُنِنَا
وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاِلَى جَمِيْعِ
اِخْوَانِهِ مِنَ اْلأَنْبِيَآءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، وَاْلاَوْلِيَآءِ
وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالْعُلَمَآءِ
الْعَامِلِيْنَ وَالْمُصَنِّفِيْنَ وَالْمُخْلِصِيْنَ وَجَمِيْعِ الْمُجَاهِدِيْنَ
فِيْ سَبِيْلِ اللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ
خُصُوْصًا اِلَى سَيِّدِنَا الشَّيْخِ عَبْدِ الْقَادِرِ الْجِيْلَانِيِّ
ثُمَّ إليَ جَمِيْعِ أَهْلِ
اْلقُبُوْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ
وَالْمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ اْلأَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا
وَبَحْرِهَا وَخُصُوْصًا إِلَى آبَائِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَاَجْدَاتِنَا
وَجَدَّاتِنَا وَنَخُصُّ خُصُوْصًا إِلَى مَنِ اجْتَمَعْنَا هَاهُنَا بِسَبَبِهِ
وَلِاَجْلِهِ.
اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهُمْ
وَارْحَمْهُمْ وَعَافِهِمْ وَاعْفُ عَنْهُمْ. اَللَّهُمَّ أَنْزِلِ الرَّحْمَةَ
وَالْمَغْفِرَةَ عَلَى اَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ اَهْلِ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ
مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ
وَنَخُصُّ خُصُوْصًا إِلَى ((sebut nama
mayit
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ
(لَهَا/لَهُمَا/لَهُمْ) وَارْحَمْهُ (هَا/هُمَا/هُمْ) وَعَافِهِ (هَا/هِمَا/هِمْ)
وَاعْفُ عَنْهُ (هَا/هُمَا/هُمْ)، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ (هَا/هُمَا/هُمْ)،
وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ (هَا/هُمَا/هُمْ)، وَاغْسِلْهُ (هَا/هُمَا/هُمْ) بِالْمَاءِ
وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ (هَا/هِمَا/هِمْ) مِنَ الْخَطَايَا كَمَا
يُنَقَّي الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ (هَا/هُمَا/هُمْ)
دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ (هَا/هِمَا/هِمْ)، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ
(هَا/هِمَا/هِمْ)، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ (هَا/هِمَا/هِمْ)،
وَأَدْخِلْهُ (هَا/هُمَا/هُمْ) الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ (هَا/هُمَا/هُمْ) مِنْ
عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ.
اَللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا
أَجْرَهُ (هَا/هُمَا/هُمْ), وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ (هَا/هُمَا/هُمْ), وَاغْفِرْلَنَا
وَلَهُ (هَا/هُمَا/هُمْ).
اَللَّهُمَّ اغْفِرْ
لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَآئِبِنَا وَصَغِيْرِنَا وَكَبِيْرِنَا
وَذَكَرِنَا وَأُنْثَانَا.
اَللَّهُمَّ مَنْ
أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى اْلإِسْلاَمِ، وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا
فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلإِيْمَانِ.
رَبَّنَا آتِنَا فِى
الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.
وَصَلَّى اللهُ عَلَى
سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَباَرَكَ وَسَلَّمَ. سُبْحَانَ
رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ. وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ
وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.
اَلْفَاتِحَة
Salah satu ulama yang berpendapat demikian
adalah Imam Ibnu Hazm. Beliau berkata dalam kitabnya Al-Muhalla (5/169,
no.260) bahwa “Mayit tetap dishalatkan ghaib, karena Nabi shallallahu
‘alaihi wasallam pernah menyalatkan raja Najasyi bersama para sahabatnya dalam
beberapa shaf. Ini merupakan ijma’ mereka yang tidak boleh dibantah”.
Adapun dalil
yang mengisyaratkan shalat ghaib adalah sebuah hadist yang diriwayatkan oleh
Imam Bukhari dan Muslim:
لِمَا صَحَّ أَنَّ النَّبِيَ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَعَى النَّجَاشِيَّ لأَصْحَابِهِ وَ هُوَ
بِالمَدِيْنَةِ وَصَلَّى عَلَيْهِ وَ صَلُّوْا خَلْفَهُ (رواه الشيخان)
“bahwasanya
pada suatu hari, Nabi saw memberitahu para shahabat tentang kematian Najasyi.
Lalu, Nabi saw mengajak para shahabat untuk bersholat atas Najasyi. Mereka
shalat di belakang beliau.” (HR Bukhari Muslim)
Diperbolehkan
menyolatkan mayat yang sudah dikubur dengan syarat jika yang menyolatkan mayat
termasuk orang yang wajib menyolatkannya dan dia tidak mendapat kesempatan
untuk menyolatkanya disaat mayit tersebut hadir untuk dishalatkan sebelum dikubur.
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهُما: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ
بِقَبْرٍ قَدْ دُفِنَ لَيْلا ، فَقَالَ : مَتَى دُفِنَ هَذَا ؟ قَالُوا :
الْبَارِحَةَ . قَالَ : أَفَلا آذَنْتُمُونِي !؟ قَالُوا : دَفَنَّاهُ فِي
ظُلْمَةِ اللَّيْلِ فَكَرِهْنَا أَنْ نُوقِظَكَ . فَقَامَ فَصَفَفْنَا خَلْفَهُ ،
قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَأَنَا فِيهِمْ فَصَلَّى عَلَيْهِ (رواه الشيخان)
Dari Ibnu Abbas
ra, ia menyatakan bahwa Rasulallah saw lewat dekat sebuah kuburan yang baru
semalam dikuburkan. Rasulallah saw bertanya: “Kapan
dibuburkan?”.
Mereka menjawab: “Tadi Malam”. Beliau bertanya lagi: “Kenapa kalian
tidak memberitahukan kepadaku?”. Mereka menjawab: “Kami kuburkan ia tengah malam yang sangat gelap karena itu kami
tidak mau membangunkan engkau”. Lalu Nabi berdiri, kami berbaris dibelakang beliau untuk shalat.
Ibnu Abbas berkata: “Dan aku
termasuk orang yang berbaris. Maka beliau shalat” (HR Bukhari
Muslim)
0 Response to "Pembahasan Sholat Ghaib"
Posting Komentar